Thursday, August 23, 2012

[Wolipop] Tips Mengontrol Kecepatan Makan untuk Bantu Turunkan Berat Badan


img
Jakarta – Gaya hidup saat ini menuntut Anda melakukan segala hal serba cepat. Bekerja lebih cepat merupakan salah satu hal yang baik dilakukan, tetapi bagaimana dengan makan cepat?
Makan dengan cepat ternyata dapat meningkatkan asupan kalori yang mengakibatkan berat badan bertambah dan gangguan pada saluran pencernaan. Kebiasaan yang satu ini sangat sulit untuk dihilangkan. Namun, bukan berarti tidak bisa melakukannya. Ehow memiliki cara-cara agar kebiasaan makan cepat diubah menjadi lebih perlahan. Simak tipsnya berikut ini.
1. Makan di meja makan. Makan sambil berdiri atau sedang menyetir adalah salah satu pemicu Anda makan cepat dan cenderung lebih banyak. Dengan makan di tempat seharusnya akan membuat Anda lebih sadar apa yang masuk ke dalam mulut.
2. Hilangkan gangguan saat makan. Menonton TV atau membaca buku kala makan akan membuat Anda tidak dapat menikmati makanan dan makan lebih cepat. Fokuslah kepada makanan Anda.
3. Perhatikan waktu. Dibutuhkan waktu 20 menit bagi tubuh untuk mencerna makanan. Bila kurang dari waktu itu maka Anda cenderung merasa masih lapar dan makan lebih banyak. Sisihkan waktu 30 menit untuk menghabiskan makanan Anda.
4. Hindari melewatkan jam makan. Jika Anda menunggu sampai Anda kelaparan maka akan sulit untuk makan perlahan. Yang ada Anda akan makan lebih cepat lagi dan lebih banyak. Bila sulit untuk menyempatkan waktu makan yang tepat di sela-sela kesibukan Anda bawalah cemilan sehat seperti buah dan kacang-kacangan.
5. Makan dengan porsi yang lebih kecil. Kebiasaan untuk tidak menyisakan makanan merupakan hal yang baik. Tetapi bila Anda mengambil satu piring penuh makanan dan menghabiskannya, itu berbeda sama sekali. Ambilah porsi yang lebih kecil dan latihlah dengan menggigit setiap bagian secara perlahan.
6. Letakan sendok dan garpu di meja setiap kali menyuapkan makanan ke dalam mulut. Selain ini merupakan cara yang sopan, tetapi dengan begitu Anda akan lebih lama menikmati apa yang Anda kunyah. Serta membuat Anda lebih perlahan ketika menyatap makanan tersebut.
(eny/eny)
http://wolipop.detik.com/read/2012/08/04/121215/1983108/849/tips-mengontrol-kecepatan-makan-untuk-bantu-turunkan-berat-badan?w992201835

No comments:

Post a Comment