Thursday, August 23, 2012

[Detik] Ini Nih 4 Surga Belanja Batik untuk Lebaran


Jakarta - Lebaran tanpa pakaian baru tentu terasa kurang lengkap. Jika bingung mencari tempat belanja, datang ke 4 pasar batik berikut bisa menjadi alternatif pilihan belanja pakaian Lebaran Anda.
Merayakan Lebaran dengan mengenakan pakaian baru sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Indonesia. Hampir semua orang ingin tampil dengan pakaian terbaiknya saat hari raya tiba. Lalu bagaimana dengan Anda?
Dikumpulkan detikTravel, Sabtu (11/8/2012), berikut adalah 4 surga belanja batik di Pulau Jawa, yang bisa Anda datangi untuk belanja pakaian Lebaran:
1. Pasar Klewer, Solo
Tempat belanja batik pertama yang bisa Anda datangi adalah Pasar Klewer di Solo. Pasar ini dikenal sebagai salah satu pusat pasar batik di Indonesia. Aneka pakaian yang terbuat dari batik dapat Anda temukan di sini.
Mulai dari kemeja, pakaian anak, mukena, sprei, hingga baju batik dengan lambang-lambang klub bola. Tak hanya itu, Pasar Klewer juga menjual aksesoris dengan bahan dasar batik, sebut saja tas, pajangan meja, hingga tempat pensil. Lengkap unik bukan?
Soal harga tidak kuatir, selain dikenal sebagai pusat belanja batik di Solo, Pasar Klewer juga dikenal sebagai pasar batik yang menjual barang dengan harga murah.
2. Pasar Grosir Sentono, Pekalongan
Selain batik Solo, batik lain yang juga diincar turis adalah batik buatan Pekalongan. Bahan dan motif batik Pekalongan yang bagus cocok untuk dipakai saat Lebaran nanti.
Nah, kalau Anda salah satu yang penyuka batik buatan Pekalongan, datang saja ke Pasar Grosir Sentono. Pasar ini sudah cukup terkenal karena menjual batik aneka model, corak dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Biasanya, yang memenuhi pasar ini adalah turis atau wisatawan yang sedang berada di Pekalongan, atau yang sedang lewat Pantura.
Batik yang dijual pun beragam, mulai dari bahan, model, hingga corak. Untuk Anda yang menginginkan kemeja batik, Pasar Grosir Setono punya banyak kios yang dipenuhi tumpukan kemeja batik, dari kemeja resmi hingga santai.
Kalau bicara soal harga, setiap toko batik di Pasar Grosir Sentono memiliki patokan harga yang berbeda, tergantung model, jenis dan bahan. Jangan lupa menawar jika ingin mendapatkan harga murah. Selamat berburu batik!
3. Pasar Beringharjo, Yogyakarta
Siapa yang tak kenal Pasar Beringharjo di Yogyakarta. Hampir semua turis datang ke pasar ini untuk belanja batik. Pasar ini memang terkenal sebagai sentra penjualan batik yang ada di Yogya.
Sejak pagi Pasar Beringharjo sudah ramai dipadati pengunjung. Masuk dan lihat langsung jejeran toko yang menjual aneka batik. Sama seperti pasar batik lainnya, jenis batik yang dijual beragam, mulai dari pakaian batik hingga kerajinan berbahan dasar kain batik, seperti tas ada di pasar ini.
Batik di Beringharjo dijual dengan harga bervariasi, tergantung model, bahan, dan jenis batik. Tapi Anda tidak perlu kuatir, Pasar Beringharjo dikenal sebagai pasar yang menjual batik dengan harga murah. Jadi dijamin tidak membuat kantung jebol.
4. Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat
Belanja batik tidak selalu harus di Yogyakarta atau pun Solo. Jakarta juga punya pusat grosir batik yang besar, yaitu Pasar Tanah Abang. Pasar yang berada di kawasan Jakarta Pusat ini memang sudah terkenal sebagai pusatnya belanja pakaian dengan harga murah.
Pasar ini ternyata memiliki lantai khusus yang menjual aneka baju batik, yaitu lantai 2. Di sini Anda bisa melihat hampir seluruh toko menjual aneka batik, mulai dari pakaian batik yang resmi, hingga pakaian batik untuk kegiatan santai ada di sini.
Soal model tidak perlu kuatir, dijamin tidak akan ketinggalan zaman. Anda pun bebas memilih sesuai selera!

No comments:

Post a Comment